BLANTERWISDOM101

Industri Pengolahan Minyak Atsiri Pala dan Nilam PT. Tirto Nirmolo Sari

28 Januari 2022

Assalamualaikum, Industri Pengolahan Minyak Atsiri Pala - Untuk mendukung sebuah program, terutama program kerakyatan yang erat kaitanya dengan tanaman dan hasil pertanian, tentu yang perlu dipersiapakan adalah pasar. Sangat tidak adil jika kita meminta kepada petani untuk menanam sesuatu namun nanti hasil panen dari petani tidak bisa menjualnya.

Berkaca dari masa lalu yang sudah terjadi, banyak petani yang berbudidaya jenis-jenis tanaman, namun hasil panen sulit untuk menjualnya karena tidak ada yang menjembatni sampai pasar nya.

Industri Pengolahan Minyak Atsiri Pala

Industri Pengolahan Minyak Atsiri Pala

Maka dari itu Kami PT. Tirto Nirmolo Sari berusaha untuk mempersiapkan alur dari hulu sampai hilir nya. Pada program budidaya tanaman pala dan juga nilam, dari hulu kami mempersiapkan bibit yang berkualitas. Adapun hilirnya, kami telah menyedian Industri Pengolahan Minyak Atsiri.

Industri Pengolahan Minyak Atsiri ini terletak di Dusun Ngaglik Desa Kemejing Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo Jawa Tengah.

MESIN PENYULINGAN MINYAK ATSIRI

1. Mesin Penyulingan Ukuran Besar.

Dalam proses pengolahan pala menjadi minyak atsiri, disini kami PT. Tirto Nirmolo Sari mempunyai 2 buah mesin. Mesin yang pertama adalah mesin ukuran besar dengan kapasitas suling 300 kg biji pala, dan 400 kg jika digunakan untuk penyulingan daging dan daun pala.

Mesin-penyulingan-minyak-atsiri-besar
Mesin Suling Kapasitas 300 kg

2. Mesin Suling Ukuran Kecil

Mesin yang kedua adalah mesin penyulingan ukuran kecil dengan kapasitas 100 kg sekali suling. Jika mesin yang besar menggunakan bahan bakar kayu, untuk mesin yang kedua ini bahan bakarnya menggunakan gas.

Mesin-penyulingan-minyak-atsiri-kapasitas-100kg
Mesin Suling Kapasitas 100 kg

BAHAN-BAHAN MINYAK ATSIRI

Ada dua jenis komoditi yang kami gunakan untuk menhasilkan minyak atsiri. Komoditi yang pertama adalah pala, namun ada tiga bagian dari pala yang kami suling untuk diambil minyak atsiri.

Bagian-bagian dari komoditi pala yang bisa disuling.

1. Buah Pala

Buah pala adalah bagian yang terbanyak menghasilkan minyak atsiri, namun buah pala yang kami suling untuk diambil minyak atsirinya adalah buah pala yang masih muda, yaitu buah pala yg berumur 4 bulan dengan spesifikasi fuli nya masih merah di pucuknya saja.

Buah pala muda, sebelum disuling harus melalui proses pengeringan terlebih dahulu agar kadar air yang ada tidak terlalu banyak.

Pala-muda-siap-suling
Buah pala muda

2. Daging Pala

Daging atau kulit pala juga kami manfaatkan untuk diambil minyak atsiri. Sebenarnya daging pala adalah limbah, namun daging pala juga masih bisa dimanfaatkan untuk disuling atau bisa juga dimanfaatkan untuk dibuat manisan pala.

Untuk bisa di suling, daging pala harus melalui proses pengeringan terlebih dahulu agar kadar air yang ada tidak terlalu banyak.

Daging-pala
Kulit/Daging Pala Kering

3. Daun Pala

Daun pala juga bisa dimanfaatkkan untuk diambil minyak atsiri. Berbeda dengan Buah Pala dan Daging Pala, daun pala tidak perlu melalui proses pengeringan terlebih dahulu, dari proses petik langsung bisa disuling untuk mendapatkan minyak atsiri.

4. Nilam

Nilam juga salah satu komoditas yang kami kelola untuk mendapatkan minyak atsiri. Jenis nilam yang kami ambil minyak atsirinya adalah Nilam Sidikalang, Nilam Loksomawe dan Nilam Tapak Tuan yang semua jenis tersebut berasal dari Aceh.

Demikian sekilas tentang Industri Pengolahan Minyak Atsiri Pala dan Nilam PT. Tirto Nirmolo Sari. Semoga apa yang kami rintis ini bisa bermanfaat bagi kami sendiri dan juga bagi petani sekitar dan lebih luas untuk para petani semuanya.

 

Share This :

0 komentar